Kisah Nabi Adam a.s.

Respons: 0 komentar

Siapa yang gak kenal Nabi Adam? Saya kira manusia di bumi ini gak ada yang gak kenal dengan Manusia pertama yang diciptakan oleh Allah Swt. ini. Bagaimana kisah Nabi Adam a.s? dalam Al-Qur’an Allah menceritakan melalui QS. Al-A’raaf ayat 11 s.d. 25 yang  berbunyi :


وَلَقَدْ خَلَقْنَاكُمْ ثُمَّ صَوَّرْنَاكُمْ ثُمَّ قُلْنَا لِلْمَلائِكَةِ اسْجُدُوا لآدَمَ فَسَجَدُوا إِلا إِبْلِيسَ لَمْ يَكُنْ مِنَ السَّاجِدِينَ (١١)

11. Sesungguhnya Kami telah menciptakan kamu (Adam), lalu Kami bentuk tubuhmu, kemudian Kami katakan kepada Para Malaikat: "Bersujudlah kamu kepada Adam", Maka merekapun bersujud kecuali iblis. Dia tidak Termasuk mereka yang bersujud.

قَالَ مَا مَنَعَكَ أَلا تَسْجُدَ إِذْ أَمَرْتُكَ قَالَ أَنَا خَيْرٌ مِنْهُ خَلَقْتَنِي مِنْ نَارٍ وَخَلَقْتَهُ مِنْ طِينٍ (١٢)

12. Allah berfirman: "Apakah yang menghalangimu untuk bersujud (kepada Adam) di waktu aku menyuruhmu?" Menjawab iblis "Saya lebih baik daripadanya: Engkau ciptakan saya dari api sedang Dia Engkau ciptakan dari tanah".

Cerita tidak jelas

Respons: 0 komentar
Rintik hujan yang kadang muncul dan hilang sesekali, serasa indah. Hati tenteram jika suasana seperti ini. Tak luput secangkir kopi menjadi kawan yang turut membantu menghangatkan raga. Setidaknya, suasana seperti ini cukup memperdingin persaan hati yang sedang agak panas ini.

Sampai disini tanganku kembali terhenti, berfikir tentang sistematika, berfikir tentang isi apa yang hendak aku tulis. Sudah beberapa lama mempunyai keinginan untuk belajar menulis, dan sudah mengamalkan beberapa tips dan trik tapi sampai hari ini masih juga sering terkena virus bingungan.. Hanya ingin menceritakan apa yang dialami beberapa detik yang lalu pun serasa berat.

Best Design Blog, Surprising! (cerita yang tertunda)

Respons: 0 komentar
Penyerahan Piala Pesta Blogger
Alhamdulillah, hari ini tak hentinya ku ucap syukur kehadirat Allah SWT, sungguh mendapatkan nikmat yang tak terduga.
Hari ini, mendapat mandat dari kantor untuk mengikuti sebuah acara bernama Promosi Produk Unggulan PNPM-MP melalui Media Online dan Pesta Blogger Banjarnegara. Awalnya aku kurang begitu faham acara ini adalah acara seperti apa, ku baca form pendaftaran ada ketentuan wajib membawa laptop. Walaupun pinjem dapatlah sebuah laptop guna melengkapi persyaratan dimaksud.

Ternyata kegiatan di sana adalah mempromosikan produk unggulan melalui blog, seluruh peserta Pesta Blogger diwajibkan membuat sebuah artikel tentang produk PNPM melalui blog masing-masing. Yang nantinya akan diseleksi pemenang dengan 3 kategori, yang pertama The Best Content, yaitu artikel terbaik, yang kedua The Best Design, yaitu design blog terbaik, dan yang ketiga yaitu Favourite Audiens, yaitu artikel dengan pengunjung terbanyak. 

Dongeng Sebelum Tidur

Respons: 0 komentar
Dua malam selarut ini, demi hobi memang memberi kekuatan diri untuk mengabaikan segala alasan. Demi memetik tiga buah senar gitar, menghasilkan melodi nan indah dalam dendang lagu keroncong.

Mata sebenarnya telah begitu berat petang tadi, namun di larut ini justru belum bisa terpejam. Semoga dengan tarian jari ini segera menghantar lelap ke alam mimpi.

Fikirku kosong, bergentayangan entah kemana, diluar sana terdengar suara pak dalang dan sindennya yang tengah asik menghibur masyarakat melalui pagelaran wayang kulit semalam suntuk. TV kecil 14 inch setia menemani di sebelah kananku, menyiarkan acara demi acara yang entah apa, sedari tadi tak ku perhatikan.

Rapat Anggota Koperasi (2)

Respons: 0 komentar
Rapat anggota merupakan kekuasaan tertinggi di tata kehidupan koperasi yang berarti berbagai persoalan mengenai suatu koperasi hanya ditetapkan dalam rapat anggota. Di sini para anggota dapat berbicara, memberikan usul dan pertimbangan, menyetujui suatu usul atau menolaknya, serta memberikan himbauan atau masukan yang berkenaan dengan koperasi. Rapat Anggota Tahunan (RAT) diadakan paling sedikit sekali dalam setahun, ada pula yang mengadakan dua kali dalam satu tahun, yaitu satu kali untuk menyusun rencana kerja tahun yang akan datang dan yang kedua untuk membahas kebijakan pengurus selama tahun yang lampau. Sebagai pemegang kekuasaan tertinggi dalam koperasi, rapat anggota mempunyai wewenang yang cukup besar. Wewenang tersebut misalnya:
  1. Menetapkan anggaran dasar koperasi;
  2. Menetapkan kebijakan umum koperasi;
  3. Menetapkan anggaran dasar koperasi;
  4. Menetapkan kebijakan umum koperasi;
  5. Memilih serta mengangkat pengurus koperasi;
  6. Memberhentikan pengurus; dan
  7. Mengesahkan pertanggungjawaban pengurus dalam pelaksanaan tugasnya.

Perbedaan UU No. 25 Tahun 1992 dengan UU No. 17 Tahun 2012

Respons: 4 komentar

 Sebagai sarana untuk membedakan UU No 25 Tahun 1992 dan UU No 17 Tahun 2012 dilihat dari segi Definisi, kami menjabarkan pengertian koperasi sebagai berikut:

Menurut UU No 25 Tahun 1992, Koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orang-seorang atau badan hukum Koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip Koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasar atas asas kekeluargaan. 

Sedangkan menurut UU No 17 Tahun 2012, Koperasi adalah badan hukum yang didirikan oleh orang perseorangan atau badan hukum Koperasi, untuk dengan pemisahan kekayaan para anggotanya sebagai modal menjalankan usaha, yang memenuhi aspirasi dan kebutuhan bersama di bidang ekonomi, sosial, dan budaya sesuai dengan nilai dan prinsip Koperasi.

Jagalah Hati

Respons: 0 komentar

Kajian Rutin IPM, Rabu, 10 April 2013. At Bunda Ratna’s home. 15.30 WIB

JAGALAH HATI
Oleh : Bunda Ratna Jeki

يُؤْتِي الْحِكْمَةَ مَنْ يَشَاءُ وَمَنْ يُؤْتَ الْحِكْمَةَ فَقَدْ أُوتِيَ خَيْرًا كَثِيرًا وَمَا يَذَّكَّرُ إِلا أُولُو الألْبَابِ (٢٦٩)
“Allah menganugerahkan Al Hikmah (kefahaman yang dalam tentang Al Quran dan As Sunnah) kepada siapa yang dikehendaki-Nya. dan Barangsiapa yang dianugerahi hikmah, ia benar-benar telah dianugerahi karunia yang banyak. dan hanya orang-orang yang berakallah yang dapat mengambil pelajaran (dari firman Allah).” (QS Al-Baqoroh : 269)

Allah Swt. telah menganugerahkan kita akal untuk berfitkir. Semoga kita termasuk ke dalam umatNya yang mempergunakan karunia akal ini untuk berfikir, mengambil pelajaran dari ilmu Allah yang terbentang di alam semesta.  Sehingga hikmah Allah dapat turun menghinggapi kita semua seperti kandungan ayat yang tertulis diatas.

Renungan untuk Aktivis Dakwah

Respons: 0 komentar
Semoga video ini mampu membangkitkan semangat kita yang berlatih berjalan di jalan dakwah,,


Rapat Anggota Koperasi

Respons: 0 komentar

Rapat Anggota merupakan syarat bagi badan usaha yang bernama koperasi. Bukan bermaksud menggurui, tapi sekedar mengingatkan. Bagaimana pelaksanaan Rapat Anggota sesuai ketetapan UU Koperasi No 25/1992.

Bagi primer Puskowanjati, Rapat Anggota sudah menjadi hajatan rutin setiap tahun. Kendati sudah menjadi agenda tahunan, tapi masih ada juga pengurus primer yang begitu tegang tatkala menjelang dilaksanakannya Rapat Anggota. Anggota yang hadir dalam rapat anggota seakan menjadi momok yang menakutkan. Terutama ketika menginjak pada acara pandangan umum. Saat itulah Pengurus seakan menjadi pihak yang diadili.

Pada pandangan umum itulah, berbagai kritikan, masukan ataupun usulan disampaikan anggota. Hal tersebut ada yang disampaikan secara tertulis tapi ada juga yang disampaikan secara lisan. Untuk pendapat anggota yang disampaikan lewat tulisan sebagaimana tercantum dalam berita acara, biasanya sudah disiapkan jawabannya oleh pengurus. Tapi untuk pernyataan yang disampaikan secara lisan, inilah yang biasanya membuat pengurus terkadang tergagap bagi yang tidak siap dengan materinya.

DASAR-DASAR KOPERASI

Respons: 2 komentar

PENGERTIAN KOPERASI
        Pengertian koperasi secara sederhana Koperasi berawal dari kata "co" yang berarti bersama dan "operation" (operasi) artinya bekerja. Jadi pengertian koperasi adalah bekerja sama. Sedangkan pengertian umum koperasi adalah : suatu kumpulan orang-orang yang mempunyai tujuan sama, diikat dalam suatu organisasi yang berasaskan kekeluargaan dengan maksud mensejahterakan anggota

CIRI-CIRI KOPERASI
a.       Berasas kekeluargaan
b.      Keanggotaan sukarela dan terbuka bagi setiap Warga Negara Republilk Indonesia
c.       Rapat anggota adalah pemegang kekuasaan tertinggi

Aku dan Kebingungan Ini

Respons: 0 komentar
Alhamdulillah, hari ini tiada cacat tiada kurang nikmat Allah yang ku terima. Tak ada satupun alasan untuk tidak bersyukur pada-Nya. Aktifitas demi aktifitas berjalan dengan lancar tak terhalang suatu apapun. "maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?". 

Malam kini telah datang, waktunya untuk memberi kesempatan pada raga ini untuk beristirahat, menyimpan tenaga untuk esok hari kembali menjalankan aktifitas di Sabtu yang padat. Ya, akhir pekan bagiku adalah hari yang lumayan melelahkan, membutuhkan tenaga extra. Mulai jam 07.30 pagi musti harus stand by dengan kewajiban, berakhir jam 17.30 sore, itu kalo gak ada tugas tambahan. Apalagi esok ada agenda tamu datang, harus mulai kerja lebih pagi untuk menyiapkan semua, bismillah, semoga Allah beri kemudahan. Amin.

Aku Iri Engkau Sukses

Respons: 0 komentar
"aku iri berada di tengah-tengah kesuksesan kawan-kawanku"

Begitulah nada sinis yang tiba-tiba muncul di benak pagi ini, hari yang begitu mendung, gelap tak seperti biasanya. Kebiruan langit hanya terlihat sedikit, kalah oleh dominasi awan putih yang sedikit menghitam. Aku tak tau dengan langit sebelah barat sana, pandanganku tertutup oleh ruang, sehingga hanya bisa melihat sebagian langit timur, itupun masih tertutup dengan pohon beringin ratusan tahun yang berdiri kokoh didepanku. Ah, entahlah, tak peduli dengan matahari yang masih enggan menembuskan sinarnya ke bumi ini.
Tak terasa waktu sudah menunjukkan pukul 09.00, tersadar ternyata tumpukan pekerjaan sudah menanti. Ya, kesibukan sehari-hari menjadi staf administrasi, bahasa kerennya, padahal aslinya karyawan serbaguna. hehe, masa bodoh, yang penting aku bisa berkarya disini, mendapatkan rejeki darinya, walau tak seberapa namun syukur Alhamdulillah bisa untuk mencukupi biaya kuliahku sendiri. Tak boleh mengeluh karena aku lebih beruntung dari kawan-kawanku yang masih suka menjadi pengangguran. Entah karena tidak dapat pekerjaan atau malas mencari kerja. Hmm, hiburan tersendiri jika aku membandingkan diri dengan mereka, tidak bermaksud untuk sombong, namun untuk lebih mensyukuri karunia ternyata aku bisa berbuat lebih dari mereka, aku bersyukur karena itu.

Ketika Nahkoda Kehilangan sang Kapten

Respons: 0 komentar
Makhluk sosial, hidup bersosialisasi dengan manusia lain. Itulah manusia, hidup tak cukup hanya sekedar makan dan tidur, hidup adalah bergerak. Satu manusia dengan manusia lain memiliki sikap dan perilaku sosial yang berbeda.
Diriku, mencoba menggali makna seluas-luasnya dalam hidup, tak ingin mati meninggalkan raga yang akhirnya membusuk juga dimakan cacing suatu hari nanti. Seiring berjalannya waktu, kedewasaan menghampiri, perjalanan dakwah aku ambil. Perjalanan yang menyenangkan karena orientasi hanya ridho Allah semata, lebih menenangkan jiwa, daripada musti berjuang dengan orientasi keduniawian, tentu tanpa menafikkan diri dari kebutuhan dunia yang memang mesti dicukupi.
 
Hari ini, sebuah amanah terpikul di pundak ini. Amanah yang diberikan oleh kawan-kawan. Menjadi orang kedua dalam pergerakan. Bukan orang pertama, namun memiliki andil cukup besar dalam menjalankan roda ini. Sebagai orang kedua tentu diriku masih memiliki keterbatasan dalam mengambil sikap, karena masih ada orang pertama yang kebijakannya lebih besar dan lebih mutlak, yang aku tetap harus patuh padanya, dan tidak bisa memutuskan perkara tanpa sepengetahuan dan persetujuannya. Dialah sang kapten, dan diriku hanya seorang nahkoda yang menjalankan perahu ini sesuai dengan perintahnya.

Copyright © Fitran Zain

Sponsored By: GratisDesigned By: Habib Blog