Resensi Buku Writerprenuer, Jangan (takut) Jadi Penulis.

Respons: 2 komentar




Judul Buku               :  Kitab Writerprenuer Jangan (Takut) Jadi Penulis
Penulis                     :  Sofie Beatrix
Penerbit                   :  PT Gramedia Pustaka Utama
Tebal                       :  viii + 155 halaman
ISBN                       :  978-979-22-7547-6

Menulis, atau menjadi penulis, banyak orang yang mempunyai cita-cita itu. Namun, banyak sekali calon penulis yang kesulitan untuk memulai untuk membuat sebuah karya tulis, baik itu fiksi maupun non fiksi. Keterikatan mereka terhadap sistematika yang selama ini mereka fahami demikian kental, sehingga itu membelenggu para penulis dalam memulai goresan tintanya untuk menciptakan sebuah karya. Ketidakdisplinan dalam mengatur step by step dalam menulis menjadi salah satu diantara berbagai macam kendala yang dihadapi.


“Mungkin Anda adalah calon penulis yang telah membaca sebagian buku pembanding tentang cara untuk menuliskan sebuah karangan, bahkan berbagai seminar dan pelatihan tentang menulis mungkin sudah sering Anda ikuti. Namun, saya tetap ingin menuliskan buku ini untuk membuat Anda benar-benar mewujudkan mimpi Anda menuliskan sebuah buku. Mengapa? Karena saya yakin anda butuh “dipaksa” untuk menulis dengan step-step yang terjadwal “harus” selesai namun Anda tidak terasa ketika mengerjakannya.”

Kutipan diatas menggambarkan latar belakang penulis untuk menerbitkan buku ini. Penulis ingin memberikan kemudahan bagi para calon penulis yang selama ini masih belum maksimal dalam usahanya membuat sebuah karangan.

Buku karya Sofie Beatrix ini hadir bagai memberikan sebuah pencerahan. Dikemas dalam bahasa yang lugas, mudah difahami, dan dengan alur yang tersistem membuat pembaca mudah menangkap pesan yang tersirat dalam buku ini. Berbagai contoh tulisan yang disajikan memperkaya dan mempermudah pembacanya dalam memahami maksud yang disampaikan. Berbagai motivasi yang diambilkan dari kisah-kisah atau tulisan-tulisan para penulis lain pun menjadi suatu hal yang sangat bermanfaat bagi pembaca.

Secara garis besar, penulis menyajikan tulisannya dengan sub tema ; pertama membuat “agenda kerja”, kedua penentuan fiksi atau non fiksi; ketiga, step-step dalam menulis; keempat bagaimana langkah-langkah agar buku bisa diterbitkan oleh penerbit.

Kelemahan yang ada di dalam buku ini adalah uraiannya yang singkat dari berbagai macam sub tema yang disajikan. Sehingga pembaca paling tidak membutuhkan berbagai macam referensi lain guna bahan latihan menjadi penulis.

Fitan Zain, remaja yang sedang memiliki semangat dan kecintaan terhadap dunia baca tulis.

2 komentar:

Copyright © Fitran Zain

Sponsored By: GratisDesigned By: Habib Blog