Orang Awam Mengamati Pesta Demokrasi

Respons: 0 komentar
Hingar bingar pemilu legislatif telah usai. Anggota legislatif yang lolos pun telah ditetapkan oleh KPU. Berita pasca pemilihan pun muncul bermacam-macam. Menarik untuk disimak. Aku orang awam yang hanya bisa menyimak tanpa mampu memutuskan. Berita dari berbagai media yang berbagai macam rupanya mencuatkan keraguan untuk mengambil sebuah simpulan. Ada media yang sering mengekspos hal positif para tokoh, atau hanya sebagian tokoh saja. Ada pula yang selalu mengupas sisi negatif partai dan tokoh tertentu. Stasiun Televisi yang gencar mengkampanyekan Partai dan Tokoh yang konon memiliki kedekatan atau bahkan pemilik Stasiun TV tersebut. Itulah kampanye, ada yang negatif, ada yang positif. Semua bermuara pada satu hal, memperjuangkan sebuah kepentingan. Kepentingan siapa? Rakyatkah? Parpolkah? Pribadikah? entahlah. 

Aku, orang awam yang hanya bisa menyimak. Aku orang awam yang baru sekali mengamati hingar bingar pesta demokrasi Negeri tercinta ini. Walaupun pahit rasanya melihat pelaksanaan pemilihan yang begitu memprihatinkan. Tidak bisa disembunyikan lagi, bahwa uanglah pemenangnya. Aku tidak tahu diluar sana, setidaknya di Kota ini, yang punya modal dan mampu membagi 20 ribu ke warga jelang pemilihan, itulah yang jadi. Gokilnya Negeri ini.


Ceritera pemilihan legislatif telah usai. Mungkin semua orang telah melupakan hal itu. Negeri ini kini diramaikan dengan pencalonan Presiden dan Wakil Presiden. Seluruh media dibanjiri dengan berita pencalonan Jokowi - Jusuf Kalla dan juga Prabowo - Hatta Rajasa. Sekali lagi, aku hanya bisa menyimak. Kampanye Positif dan Negatif sudah mulai digencarkan. Survei-survei mulai sibuk merilis elektabilitas kedua pasangan tersebut. membangun opini publik. Sekali lagi, untuk memperjuangkan sebuah kepentingan. Dan,, kita bertanya lagi, kepentingan siapa? kita tunggu saja jawabannya. 

Aku, orang awam yang hanya bisa menyimak. Aku warga negara yang punya hak memilih, mencoba memposisikan diri senetral mungkin. Mengamati apa yang bisa ku amati. Menelisik hal-hal positif dan negatif dari mereka yang akan jadi pemimpin kita nanti. Hingga nanti ku harap menemukan jawaban pasti akan siapa yang akan ku pilih memimpin Negeri ini. Aku orang awam yang sedang mengamati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © Fitran Zain

Sponsored By: GratisDesigned By: Habib Blog